---

Thursday, December 19, 2013

KERETA API KUDA PUTIH ( KRD KRD MCDW 300 ) - LEGENDA KRD INDONESIA

KERETA API KUDA PUTIH ( KRD KRD MCDW 300 ) - LEGENDA KRD INDONESIA

KERETA API KUDA PUTIH ( KRD KRD MCDW 300 ) -Kereta Api Model Papercraft Sentolo 87 Kopri

KRD (Kereta Rel Diesel) MCDW 300 atau yang akrab KRD Kuda Putih merupakan
KRD yang pertama kali dioperasikan di Indonesia. KRD MCDW 300 Kuda Putih didatangkan pada tahun 1963 dari pabrik Glossing und Schlorer GmbH (Jerman) sejumlah 7 unit dengan formasi 1 set terdiri dari 2 unit dan 1 unit yang tersisa sebagai cadangan. KRD ini dioperasikan pada jalur Solo – Yogyakarta.

KERETA API KUDA PUTIH ( KRD KRD MCDW 300 ) - Sang Legenda KRD Indonesia

KRD ini menggunakan dinding dari bahan stainless steel dan memiliki bentuk khas mirip dengan bus sehingga dapat dikategorikan sebagai bus rel (railbus). Dengan karakteristik transmisi hidrolik dari Voith dan motor diesel sebesar 215 HP (horse power), KRD ini hanya sesuai untuk angkutan penumpang di lintas datar. KRD ini memiliki berat 32 ton dan panjang 18690 mm. KRD ini mampu melaju hingga kecepatan maksimum 90 km/jam. 

KERETA API KUDA PUTIH ( KRD KRD MCDW 300 ) - Masa Jaya tahun 1960-1970

KRD yang mendapat julukan "Turangga Seta" yang berarti Kuda Putih ini hanya beroperasi sampai periode tahun 1980, karena terbatasnya suku cadang dan perawatan, maka mulai saat itu berakhirlah sudah penggunaan KRD MCDW 300 Kuda Putih, dan digantikan dengan KRD Nippon Sharyo yang didatangkan dari Jepang dan masih beroperasi hingga saat ini.

Source:
Gambar Miniatur : Sentolo 87 Jogja Blog
Gambar lain dan artikel ; Jogjaicon Blog

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...